Thursday, September 04, 2008

Rumah Petamburan

gag tau kenapa hari ini bebek jadi melow banget,.....keingetan masa lalu saat masih smp....saat-saat bebek dan keluarga masih tinggal di petamburan yang sumpek,...tepatnya di jalan hm sani nomer 29,.....

saat masih kecil,...halaman rumah masih tanah,....dihiasi pohon bunga nusa indah warna merah jambu *duileeeh keik lagu masa kecil niyy*.....kemudian saat bebek sd, akhirnya halaman rumah disemen,.....kemudian diganti lagi pake ubin,.....

rumah keluarga bebek kecil dan berhimpitan dengan tetangga kiri kanan dan belakang,....dengan wc jongkok yang terbuat dari semen,.....dinding sebelah kanan yang terbuat dari triplex, dan didiami banyak tikus.....meja makan kuno dari jaman papi mami baru merit, yang terbuat dari kayu jati solid, tapi terdapat banyak kecoa di selah-selahnya.

rumah dimana percakapan keluarga sebelah kadang bisa terdengar dari living room kami,.....dan kadang bebek cukup berteriak untuk memanggil tetangga sebelah tanpa harus keluar rumah :)

saat itu, papi mami masih usaha percetakan,....dari ruang tamu sampe ruang makan, pasti ada mesin cetak deh,....setiap hari rumah gag pernah sepi,....selalu terdengar suara mesin cetak, seperti suara kereta api berjalan berirama tanpa henti. dan bebek sudah terbiasa dengan itu semua, karena semua sudah dimulai sesaat setelah bebek lahir.

rumah itu mulanya adalah rumah sewa,.....jaman dulu, yang namana sewa itu, penghuni tidak bisa diusir, karena tidak ada jangka waktunya.... tidak seperti kontrak yang ada jangka waktunya. misalnya setahun, dua tahun, dan seterusnya.......kemudian rumah itu akhirnya dibeli oleh papi, saat usahanya mulai berkembang (papi sudah buka repro, di daerah karet).

setiap kelokan di sekitar rumah, semua jalan tikus yang pengap, tergambar jelas di kepala bebek,....bahkan sampai saat ini.

setiap pagi, bebek akan berlari-lari menuju sekolah, seringkali melewati rute yang berbeda. sayang karena usaha papi mulai maju, akhirnya rumah penuh kenangan tersebut dijual, dan kami pun pindah ke kebon melati, rumah yang papi tempati sampai sekarang,......

pingin banget rasanya bebek lihat rumah petamburan lagi,....walau terakhir kali ke sana, bebek gag tahan dengan kesumpekan gang gang kecilnya itu.

tapi gimanapun,...rumah itu adalah rumah kenangan buat bebek,.....sampai kapanpun....

12 comments:

  1. rumah masa kecil ember penuh kenangan .. dulu g kecil tinggal di petojo, skrg rumah gw masih ada n sering g lewatin meki bentuk asli udah berubah samasekali ..
    g juga apal kluar masup gang2 sekitar rumah soale dulu suka naek sepeda keliling gang , metik2 taneman pny org laen buat maen masak2an , ha222

    ReplyDelete
  2. Kadang2 menyenangkan mengingat masa lalu :)

    ReplyDelete
  3. sayang juga ya kok dijual...
    emang rumah tuh selalu banyak kenangan. makanya kita mati2an gak mau jual rumah kita yang di jkt. yah moga2 gak perlu dijual lah sampe kapanpun... :)

    btw, kenapa ya bek, blog lu udah gua subscribe di google reader gua, tapi gak pernah ke update disono.. aneh deh...

    ReplyDelete
  4. eh gua juga masih inget lirik lagu bunga nusa indah:

    bunga nusa indah
    berwarna merah
    tumbuh di halaman
    depan rumahku

    warnanya merah jambu
    kesayanganku
    bunga nusa indah
    ... nah kalimat terakhir ini apa ya? kok gua lupa... :P

    ReplyDelete
  5. nyambung ah ..
    warnanya merah jambu
    kesenanganku
    bunga kesayanganku
    nusa indah ..

    rumah masa kecil memang gak kan terlupakan.

    ReplyDelete
  6. @veny
    dulu bebek sering nyomotin daun kembang sepatu buat dibikin minyak-minyakan ....kkiekekekek

    @ninis
    hayoooo sok cerita masa kecilmu di jombang sana...

    @arman
    wah bebek gag ngerti, man///bebek gaptek.

    @yendoel + arman
    nahhh tuh betul terusannya si yendoel tuhhh

    ReplyDelete
  7. wuaaahh lage mellow yaak... :)

    ReplyDelete
  8. ihh persis sama bangett ama apa yg aku rasain pas balek, trasa sumpek..tp rumah masa kecil itu rumah penuh kenangan.. rumah yg telah jadi sumber penghidupan keluarga sampe kita bisa sekolah ya..

    ReplyDelete
  9. wah..jadi inget rumah sendiri juga nih cie...home sweet home :)

    ReplyDelete
  10. gw juga kangen naek2 pohon jambu...tapi kalo perut gede gini takut disemprit satpam hihihihi...

    sekarang pasti udah gak mellow lagi khan Bek?

    ReplyDelete
  11. wah, bek...gw termasuk beruntung dong ya..rumah masa kecil sampe skrg masih ditempatin ortu... cuma jaooohhh deh... :(

    ReplyDelete
  12. @fun
    karang siy dah gag lagiy :)

    @sakura
    hu uh, wil.....padahal dulu gag sumpek yah,...trus mentang mentang pindah ke tempat nyang lebih baek, jadi sumpek deh,....aiiihhh belagu dong kite??

    @acia
    tul tuh,...home sweet home, walau kata tempat temen lebih bagus, tapi rumah sendiri lebih homy yahhh

    @tiwi
    eh ajegilee,..bumil naek poon jambu

    @laura
    aihhhh, ente pan baru pulkam :)

    ReplyDelete