Thursday, June 04, 2009

Saat Bebek Sepuh Nanti

seorang temen pernah ngomong ke bebek,....supaya cepet-cepet punya anak,...
alesannya, kalo ga punya anak, nanti waktu tua siapa yang akan ngerawat?

dari situ, bebek berpikir,...kasihan juga yah si anak, kalau tujuan dia dilahirkan adalah untuk merawat orang tua yang sudah jompo....ahhh dangkal sekali!
menurut bebek sih,...anak itu gag minta untuk dilahirkan,....malah kecenderungannya, anak itu dilahirkan atas kemauan dan rencana si orang tua.
jadi adalah tidak adil, kalau kemudian beban tanggung jawab akhir malah dijatuhkan ke si anak.

ada yang bilang : merawat orang tua itu adalah kewajiban si anak sebagai balasan karena orang tua sudah membesarkannya,....
kalo bebek bilang : adalah kewajiban orang tua untuk membesarkan anak,....sampai dia tumbuh dewasa dan punya sayap yang kuat untuk terbang sendiri,....meninggalkan sarang orang tuanya, untuk kemudian membangun sarang yang baru.....

bukan artinya bebek anak yang gag berbakti ma orang tua loh, ya.....
palagi bebek juga berasal dari asia, yang adat ketimurannya mengajar kita semua untuk berbakti kepada orang tua.
bebek cuman mau memaparkan pendapat bebek,..yang mungkin gag sama dengan pendapat kalian....

kalau bebek punya anak nanti,....bebek akan jalankan kewajiban bebek sebagai orang tua,...
membesarkan dengan penuh cinta dan tanggung jawab....
andai anak bebek mau melakukan hal yang sama di saat bebek udah sepuh, bebek akan senang sekali, tapi belum tentu bebek akan bahagia karena bebek gag mau kesepian di rumah,...bebek maunya banyak teman mengelilingi....

aunty rose,...salah seorang temen waktu bebek kerja kantoran dulu, pernah tinggal dan merawat mertuanya,...kemudian sekarang ini dia juga tinggal dan merawat mamanya sendiri....
dari yang bebek lihat dan dengar,...bebek tahu bahwa aunty rose selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk para sepuhnya....walau seringkali hal ini bukan hal yang mudah dan kadang membuat hubungan keluarga inti jadi terganggu karena perbedaan usia dan kultur.

satu saat, aunty pernah bilang, kalau dia sepuh nanti,.....dia ingin masuk ke rumah jompo aja,....
alasannya sederhana : ia tidak ingin membebani anak mantu,.....
dan dia juga ingin tetap punya banyak teman untuk melakukan kegiatan bersama dengan teman-teman sepuh,...karena dia lihat mertua dan mamanya yang kesepian di rumah,....walaupun ada anak, menantu dan cucu,...tapi semua sibuk, jadi untuk apa semua itu?
di rumah jompo, kan banyak teman,....bisa ngobrol, jalan-jalan, dan melakukan kegiatan bersama lainnya...sementara keluarga juga masih bisa mengunjungi, dan kalau keluarga berkunjung, dia yakin quality time lah yang akan didapatkan dari keluarganya tersebut.

bebek pikir,...aunty rose ada benarnya : sepuh di rumah jompo, bisa lebih bahagia,....
mereka belum tentu merasa dibuang atau dikucilkan dari keluarga.
ini semua tergantung persepsi kita, para calon sepuh di masa yang akan datang,...
bebek sendiri bisa terima pemikiran itu, dan pengin juga masup rumah jompo satu saat nanti....rasanya mungkin seperti hidup di asrama kali yeee

17 comments:

  1. setuju bangetttt.....kasian anak kalo tujuan dilahirkannya untuk merawat kita ntar kalo udah tua.
    biarkan mereka mengurus keluarganya yg baru (anak + suami/istri)... yg penting mereka tetap sayang dan menghormati kita as ortu....

    ReplyDelete
  2. Pernah juga dengar komentar seperti ini. Orang tua lebih memilih masuk ke panti jompo biar ga kesepian di rumah. Masuk akal juga sih, tergantung persepsi masing2 pihak aja.

    Walau apapun pilihannya kelak, asal itu adalah pilihan kita sendiri dan bukan paksaan, pastinya bagus deh.

    ReplyDelete
  3. mungkin panti jompo di sing bagus bek, tapi kalo panti jompo disini kurang yah, gua sih gak tega kalo masukin ortu gua ke sana :)
    menurut gua, ini pendapat pribadi loh ya, tempat orang tua adalah di rumah, bukan di panti :)

    ReplyDelete
  4. iya kali yah bek..kayak tinggal di kost-kost an hehehehee..

    ReplyDelete
  5. Gw setuju dng pendapat elu, semoga nanti sbg ortu gw gak ngerepotin anak2.

    ReplyDelete
  6. saya pengen di panti jompo, keq nya seru maen2 ama ibu2 yg laen, trus berantem2 ga jelas karna hal2 kecil.. but that's life..

    but again, mami gue slalu bilang, gue bisa mikir nya begini sekarang.. tapi mungkin kalo gue punya anak cucu, gue mikir nya beda lagi..

    ReplyDelete
  7. aku setuju banget sama pendapatmu soal anak :) tapi aku koq ga pengen ya tinggal dipanti jompo hehehe

    ReplyDelete
  8. setuju sama bebek mengenai anak dan panti jompo. cuma bek ya di sini sering ada reportase panti jompo yg pegawainya "menganiaya" org2 jompo. hiiiii serem

    ReplyDelete
  9. yup! setuju sama bebek! kadang ada orang yang dah berpikir "jelek" dulu waktu tau ada anak yang masukin ortunya ke panti jompo... padahal mesti diliat juga ya apakah mereka bahagia di panti jompo? apakah anaknya masi merhatiin ketika mereka di panti jompo? tapi ya seringnya gw perhatiin, di panti jompo mereka emang bahagia karena punya temen... tapi juga mereka ga bahagia karena anak2nya ga merhatiin lage.. jadi mereka beranggapan seakan2 mereka sudah "dibuang".. betul ga?

    ReplyDelete
  10. Gw setuju sama bebek kalo merawat orang tua tentunya bukan dibebankan ke anak.

    tapi gw setuju juga sama Viol, kalo panti jompo di Indonesia kurang terawat, mungkin karena kurang masuk dengan budaya lokal kita.
    Mama gw sendiri dulu sering kunjungan sosial ke panti anak, panti jompo, dan pulang dari sana dia bilang sama kelima anaknya, "apapun yang terjadi, gimanapun rumah kalian nanti, jangan masukin papa mama ke panti jompo yah."

    Jadi gw rasanya gak akan mungkin tega mengirim mereka kesana hiksss...
    terus gw juga gak mau kesanaaaaaaa huhuhu.

    mending skrg makin getol masak yah bek, trus inves ke asuransi masa depan, jadi masa tua tidak merepotkan anak. Bener gak bek?

    ReplyDelete
  11. g juga setuju ama pendapat lo ttg anak n kebebasan org tua mau tinggal di rumah anak or panti jompo , semua berpulang pada kita n org tua sndr . ga perlu dipandang tinggal di Panti jompo tuh "jelek" negative .. enggak gitu yah !
    Oh iya meski di Jkt blom bnyk panti jompo yg bgs tapi udah mulai bnyk koq yg bgs . g dah pernah liat satu panti yg g lupa di daerah mana , itu bgs banget dah kae Htl berbintang , keren n mahal ... hi222

    ReplyDelete
  12. iya semua tergantung pilihan kita kok,...
    yang perlu diingat....di rumah belum tentu bahagia, dan di panti belum tentu sengsara.....

    ReplyDelete
  13. @yenny : aiiih lu mah emang biang kerok,...masa mau ke panti karena pengin berantem ma sepuh lain? hihihihi

    @veny : mahalnya seberapa tuh, ven?

    ReplyDelete
  14. seorang temen pernah ngomong ke bebek,....supaya cepet-cepet punya anak,..dan kalo bisa sang anak sudah menikah kalo orang tuanya meninggal dia tidak akan terlalu sedih karena sudah ada pegangan berbagi rasa dng pasangannya sehingga kepergian ortunya tidak terlampau sedih berkepanjangan coba kalau anak itu masih kecil dia akan kehilangan berkepanjangan dan anak itu juga kasian dia masih mendambakan kedekatan dng ortunya tapi.............

    ReplyDelete
  15. dulu pitshu sempet ngemeng sih! klo usia udah 30 tahun masih lom married, mo ngangkat anak. Biar tua nanti kita ada yang ngurusin.
    kepikiran kalo tua mau masuk rumah jompo, pengen sih! asal jangan rumah jompo di indo yah! hahaha.. secara di indo masuk rumah jompo kek na umur makin pendek dech! enggak keurus gitu wakakakak...

    *akhir2 ini kenapa susah banget yah komen di blog na bebek, ada pesan error gitu hiks*

    ReplyDelete
  16. @anonymous : bener siy,..tapi semua kan tergantung Dia

    @pitshu : seorang temen cewek pernah ngomong gini...kalau dia gag ketemu jodoh, dia gag akan merit. tapi kalo dia ketemu cowok baek, dia akan 'tidur' dengan cowok tersebut, sampe hamil. trus dia akan menghilang dari si cowok baek tersebut, tanpa alasan,....dan dia akan sangat bahagia jadi single parent.

    ReplyDelete
  17. nice posting..trims ya atas pencerahannya :)

    ReplyDelete