Monday, September 06, 2010

Who's to Blame? Please Manage Your Online Shop Carefully

haduh,...setress banget deh bebek.....

nyang namanya juwalan di FB tuh ada enaknya, tapi juga banyak banget gag enaknya yah....
barusan bebek buka kompie, dan mulai balesin messages yang masup....ada message gag enak,...bahkan sampe wall SOla Gracia pun di tulisin,...yang artinya dibaca semua orang lah...

ceritanya ada customer nyang beli body lotion 250ml,...tapi rupanya cici bebek salah kirim jadi body lotion 60ml.
mula-mula sih bebek sempet kesel juga sama si cici,...secara gara-gara dia salah kirim, trus customer sampe marah dan bukan cuma kirim inbox, tapi sampe posting di wall.
akhirnya bebek ambil keputusan untuk menebus kesalahan, body lotion 60ml nya bebek hadiahin aja buat si customer, dan bebek janji kalau yang 250ml akan segera dikirimin begitu tiki udah buka lagi.
yah buwat bebek, nyang namanya juwalan bukan cuma untung yang harus dicari,... tapi nama baik juga harus dijaga, walau juga harus buntung.

selesai bebek bales inbox, iseng-iseng bebek buka wall si customer,...dan betapa kagetnya bebek sampe ngejengkang...karena si customer sampe bikin notes segala yang judulnya saja sudah bikin bulu kuduk bebek bertengger....bahkan sampai menjaring 47 comments segala,...mulai dari yang ikutan mengumpat OS bebek sebagai OS penipu,... sampe yang masih netral dan berpendapat bahwa mungkin itu kesalahan gag disengaja.

ngebaca komen-komen yang nadanya miring, hati bebek miris banget...
kecewa, marah, sedih dan berbagai macam perasaan lainnya bercampur aduk jadi satu...
akhirnya bebek gag jadi kesel sama si cici, secara bebek juga maklum kalau bebek tuh udah terlalu nge'push' dia...bebek mau semua serba cepet....karena bebek takut tiki udah keburu libur lebaran, dan paket jadi terlambat sampai ke tangan customer.

setengah mati bebek menahan perasaan, dan berusaha untuk bijak dalam menjawab.
haesh,....jauh banget deh pikiran bebek dari nipu mah....
untungnya setelah jawaban bebek,...mulai deh jawaban-jawaban positif dan netral masuk....
haesh,.....sungguh ini pelajaran yang menakutkan banget buwat bebek.....
semoga gag terulang lagi....

25 comments:

  1. yah g ga pny FB sih Bek jadi ga tau jualan lo , ember yah kalo dicaci maki org apalagi kl sampe direspons org laen hihh bikin kita ketar ketir juga .
    tp tenang aja Bek krn niat kita kan ga gt , itu cm kesalahan yg ga disengaja yah buat pelajaran laen kali spy lbh teliti . ga pa2 , jgn sampe bulu apa tuh bertengger lagi hua22

    ReplyDelete
  2. Tetap smangat ya bek, ntar customer-customer yang udah pernah beli ato malah langganan pasti belain. Kayak gw, tapi lately gw jarang cek fb sih, coba gw liat ya...Jia you bek...

    ReplyDelete
  3. @veny : hayuk atuh... bikin account FB,.. kan udah ada BB :P
    trus jadi langganan sola gracia OS yah....

    @jkatrin : iya, kalau customer gw keik lu semua mah dunia jualan indah banget, say.... hihihihi

    ReplyDelete
  4. Bek, itu mah customernya lebay... Belum dapet jawaban konfirmasi dari elu dah siaran live... Tapi ya gitu deh customer beda2, yg jualan kudu sabar2. Semangatttt!

    ReplyDelete
  5. @yenny : iya, say.... tiap customer emang beda-beda....jualan tuh ternyata persediaan sabarnya musti banyak yah...
    padahal si yayang yang biasanya sabarm udah ngamuk-ngamuk,..sampe bilang "minta nomor accountnya,... pulangin aja duitnya,..." hehehehe
    untung bebek masih bisa sabar :P

    ReplyDelete
  6. bek.. JNE di tomang itu buka, mau lebaran atau apa dia tetep buka 24 jam, tapi enggak tau yah pengirimannya di pending atau enggaknya :)
    emang na si customer na itu udah sempet komplain? atau bebek kelamaan balas komplainya dia, sampe dia sebegitu marah2nya ?

    ReplyDelete
  7. waaaa emang paling serem nemu cust parno kek gituan, bikin stress..
    Biarin aja bek, ntar kalo dia terima body lotionnya gw rasa dia bakalan posting lg buat klarifikasi..

    ReplyDelete
  8. @pitshu : pengiriman tetep abis lebaran, Pit...
    -------
    cust kirim inbox sbb :
    Intan ほたる Brahmanti September 6 at 4:49pm

    bebek balesin sbb :
    Sola Gracia September 6 at 6:07pm
    @mella :
    ce,
    Intan Brahmanti
    Jl. Panglima Sudirman VII/85A
    Batu - Malang 65311
    HP 0817 0499 789
    Barang :
    - Shea Whip Body Lotion 250ml
    Sudah terima barangnya, tapi salah.
    Intan pesen shea whip body lotion 250ml, tapi terima yang 60ml aja.
    tolong dikirimin lagi barang yang benernya segera setelah Tiki buka ya....

    @Intan :
    maaf sist,...kakak saya salah kirim rupanya.
    Yang 60ml itu untuk Intan saja,...sebagai pengganti kesalahan kami.
    nanti yang 250ml dikirim menyusul, dan tidak akan dikenakan biaya lagi.
    Sekali lagi mohon maaf ya...

    Regards,
    Lita
    Wall Photos
    Sola Gracia
    Share
    By:Intan ほたる Brahmanti Intan ほたる Brahmanti September 6 at 6:10pm Reply
    semoga jangan salah lagi yah..tq..

    -------
    inbox cust 4.49pm
    jawaban bebek 6.07pm...

    terus notes nya dia dibikin jam 5.02pm

    relatif sih, kelamaan atau nggaknya....
    pan bebek juga gag mungkin 24 kan nongkrong di depan PC,...BB...juga gag mungkin dipantengin terus...

    @amey : rasanya siy dia gag ada niat buat klarifikasi,...ya gpp, lah,...

    ReplyDelete
  9. Tetap bersemangat namanya orang usaha apapun ada enak dan engga enaknya.Sukses bt Bebek

    ReplyDelete
  10. Saya rasa Bebek dan cicinya juga nggak mau "SENGAJA" berbuat "SALAH". Soalnya nanti mereka juga yang "SUSAH" untuk nganter lagi barangnya atau mesti kasih discount atau kasih ini dan itu ke "CUSTOMER" nya. Kebiasaan yang "KURANG BAIK" menjudge orang tanpa cari tahu dulu "KEBENARANNYA". SOk "EMOSIAN" emangnya kalau sudah bikin buruk nama baik orang tuh apa sih yang di dapet ????? Happy, bahagia, hidup damai, uang banyak, ngetop atau apa ???? Kadang kita mesti tempatin diri kita on "other people shoe" dan "NGACA". Kalau kita "TIDAK PERNAH BERBUAT SALAH" yah ok ok saja sih, tapi kalau pernah mbok yah jangan begitu. Salut sama Bebek yang "SABAR BANGET" walaupun sudah di "SALAH MENGERTI" Tuhan memberkati kamu, berikan kamu hati yang damai. Jangan setress lagi yah..... Nanti saya jadi setress juga :)
    Aku sayang kamu non

    ReplyDelete
  11. waaa itu sih salah paham aja ya sebenernya...

    emang ya kita gak bisa mengantisipasi sih, customer yang kesel ya bisa aja langsung bertindak begitu ya. tapi ya yang penting lu udah klarifikasi, harusnya orang2 bisa paham duduk masalahnya gimana... :)

    moga2 setelah nanti lu udah kirimin barang yang bener, nanti si customer bisa bantuin klarifikasi lagi di wall fb nya ya...

    ReplyDelete
  12. yah masih di respon di hari yang salah, emang orang na aja ga jelas tuh! kecuali kalo dia respon 6 sept bebek balas na 8-10 sept orang pasti mikirnya emang udah negatip :)

    ReplyDelete
  13. @mami odi + yayang : thanks....bebek tetap semangat kok,..

    @arman : hihi lihat aja nanti,...tapi nggak juga gapapa lah,...
    kalo gag percaya ma OS bebek ya rugi ndiri kok :)

    @pitshu : iye say,... satu jam lebih, gag sampe 2 jam udah bebek jawab lohhhhh

    ReplyDelete
  14. emang customer mah berbagai macem jenis ya Bek. ada yg sabar, ada yg nyebelin.... gile tuh org, langsung panas gitu.

    ReplyDelete
  15. kalo dulu zaman jualan di MP.. kesalahan2 yang terjadi bisa jadi blacklist seller loh...ampun2an deh dihujat semua orang di MP... kalo yang beneran nipu sich gpp.. tapi masalahnya kadang ada orang yang salah paham.. tapi dikompor2in..jadinya malah nambah kisruh. tapi setelah dijelasin, dia ngerti dan akhirnya posting di MP juga bahwa kesalahan sudah diperbaiki dan udah selesai...

    jadi kalo bisa, setelah barangnya yang benar itu dikirim.. cobain aja minta tolong buyernya bikin notes gitu bahwa antara dia dan online shop bebek udah ga ada masalah, karena cuman salah pengiriman aja... Jadinya kan clear. biar ga berakibat negatif buat buyer2 selanjutnya.. :)

    soalnya kalo dah ada komen jelek, meski cuman 1... berakibat fatal juga loh bagi new customer..

    ReplyDelete
  16. @lena : iya Lena,.. nyang nyeneningin juga banyak loh,...banyak nyang sekarang jadi temen juga malah....asik deh dapet temen baru...

    @fun : bebek udah jelasin kok....ya kalo OS nya tukan nepu, mana berani jelasin di depan banyak orang,....

    ReplyDelete
  17. http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/hs333.ash2/61311_1411429041189_1096399617_31020250_6918815_n.jpg

    Halo Lita & semua yang udah komen disini.
    Aku bikin notes itu udah dengan judul yg sesopan mungkin & aku langsung klarifikasi begitu barang aku terima. There goes the link of the pic.
    dan soal komen2 miring, silakan baca lagi komen aku di note ku. I did not diss you or anythin.

    ReplyDelete
  18. @Anonymous

    saya tidak emosi waktu bikin itu notes.baca dulu aja note nya. Aku gak ada 1pun posting kata2 yang bernada menghujat.


    @Ah Boy's Mom
    Read the note, then silakan komen kalo saya gila.

    @Yuliana
    Begitu barang kuterima, aku foto & kutaruh di Wall nya Lita, kuuplod juga di album ku sendiri & aku tag lita.

    ** komentar negatif di note yang aku tulis, BUKAN dari aku, tapi dari orang lain **

    ReplyDelete
  19. hi Intan,...
    makasih untuk klarifikasinya,...
    maafkan juga teman-teman bebek di sini ya,....:)

    ReplyDelete
  20. @Lita

    aku upload foto itu di fb sendiri & wall Sola @18Sept 2010, jadi aku samasekali gak menunda2. Aku bikin note itu hanya sekedar tanya, 'what should i do' ke mereka.bukan untuk minta justifikasi apapun dari mereka.

    thanks before :)

    ReplyDelete
  21. gpp, Intan,...

    saya shock karena sampe ada postingan di wall...
    karena itu kan dibaca semua orang,...efeknya itu jangka panjang...dan besar sekali.
    untungnya gag sampai satu setengah jam kemudian saya baca, jadi saya langsung hapus...

    kalau ada masalah seperti itu sebaiknya via inbox dulu ya....:)

    ReplyDelete
  22. @Lita

    gini kronologinya:
    waktu paket pertama diterima, yg terima suami. dia yang kaget, kok barang yg dibeli gak sama dengan yang diterima. dia juga yang telp. ke no yang tercantum di paket.
    suamiku telp dan ketemu sama ce Melia. Kata Melia, sejam lagi dikabarin. suami lalu cerita ke aku (akunya baru bangun), trus dia bilang "Tungguin yah". Sejam kemudian, suami telp lagi, tapi no. yg tadi gak aktif.
    Aku akhirnya komen di note Sola yang no.resi TIKI.

    oke i was panic, apalagi saat itu udah persiapan mo libur lebaran.
    aku inbox Sola.

    Gini, aku juga online seller dan bukan baru pertama ini belanja online, jadi note itu semata2 cuman akunya yg minta saran, dan Lita juga bisa baca di note itu kalo aku nggak marah2 samasekali. dan aku samasekali nggak ada niat ngancurin reputasi Sola.

    kalo tindakan seperti itu (plus klarifikasi berupa pic yang aku post langsung setelah barang kuterima) gak masuk hitungan, well ya, apa mau dikata?

    buat aku, masalahnya udah kelar begitu Lita post di note. gak ada masalah lagi

    regards.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. haeshhh,... sampe dihapus dari daftar teman deh....sekarang :)

    ReplyDelete