Saturday, September 08, 2007

Siapa Kenal Siapa

Di kantor lagi kacau, banyak orang pada “resign”. Mungkin karena sekarang bisnis petroleum lagi “meledak” mangkanya banyak laboratorium “saingan” kita yang “beli” karyawan baru. Memang perusahaan tempat aku kerja merupakan “Inspection company” terbesar di Singapura saat ini, dan kita punya banyak karyawan yang memang “ahli” di bidangnya masing-masing. Jadi untuk menarik perhatian “client” mereka harus meningkatkan “capabilities” di laboratorium dan orang-orang di bagian “operation” (superintendent) mangkanya mereka tidak segan-segan menawarkan “gaji” yang besar supaya bisa “membeli” karyawan yang kualitasnya “baik” dari perusahaan tempat aku bekerja. Yang aku denger dari beberapa temen yang pindah, gaji yang ditawarkan sekitar 20 sampai 30 persen lebih tinggi dari gaji mereka sekarang…..ccck…..cckk…..cckk… pantesan aja mereka pada kabur.

Belanja karyawan kaya begini sih “lumrah” di Singapura, kadang ini dijadikan “senjata” untuk menjatuhkan “saingan” bisnis. Mangkanya di sini tuh persaingan kerja “keras” banget, kalau kita nggak mampu bersaing pasti kena “gilas”. Enaknya kalau posisi kita tuh “strategis” dan nggak banyak orang yang bisa, bakalan banyak yang “nawar” untuk bergabung dengan perusahaan lain yang jalur bisnisnya sama. Malah ada temenku yang udah pindah ke perusahaan lain trus ditawarin balik lagi kerja dengan perusahaan kita. Dengan begitu gajinya naik 2 kali lho…. Bayangin kalau sekali naik 20 persen aja, 2 kali jadi 40 persen….ccckk….cckkk…cckkk….. kalau pindah 5 kali gajinya langsung naik 2 kali lipet dah…..

Tapi kadang orang yang ditawar itu nggak selalu yang “pinter” dan “ahli” di bidangnya, ada juga yang biasa-biasa kemampuannya tapi dia ini “pinter ngomong” dan banyak temen di lingkungan bisnis yang sama (dikenal banyak orang). Jadi tidak cuma karena “kepandaian” atau “prestasi kerja” yang baik dapat membuat seseorang “naik jabatan” dan dapat “gaji besar”, kadang “kesempatan”, “kepribadian” dan “keberanian” dalam mengambil keputusan untuk pindah (keluar dari “comfort” zone) kita “sangat” menentukan “masa depan”. Temenku pernah ngomong, “nggak penting kamu kenal siapa, tetapi yang paling penting siapa yang kenal kamu”. Bener juga yah…………he….he….he…..

2 comments:

  1. Huehuehue, di Spore katanya kan emang kekurangan tenaga kerja, makanya sekarang banyak orang yang cari gawean ke Spore :) karena disana lowongan kerjanya lebih banyak hihihih.

    Pengen gawe disana, tapi g kan buta bahasa inggris?! ada perusahaan game online yang butuh Game Master enggak :) hahahha

    ReplyDelete
  2. Game Master??
    mau cuba nyari gawe di siniy?? hayukkk atuh!

    ReplyDelete