Saturday, September 01, 2007

Ghost Month

Sudah dua minggu ini singapur nyang biasana bersih kehilangan jabatanna.
sampah makanan dan buah-buahan yang mulai membusuk bertebaran di setiap sudut.
udara senantiasa berkabut,.. dan debu-debu berterbangan.
lidi-lidi bekas tertancap di sepanjang jalan.

yah gini deh keadaan singapur sampe pertengahan september nanti.
soale mayoritas warga singapur kan etnis cina,...yang masih kental kepercayaan nenek moyangna.
sekarang ini tuh ceritana lagi "ghost month" jadi semua arwah ceritana lagi bergentayangan,...dilepas dari alamna.
makana orang pada rame sembayangan ceng beng,...pasang dupa dimana-mana,...
sesajen disetiap sudut,...huwahhhh

adalah pemandangan umum kalau ditengah lapangan rumput dipasangin tenda,...dibangun panggung,....
paket-paket hadiah disiapkan dari hasil sumbangan,....dan akan dibagikan setelah selesai acara sembahyang,...
yahh bagus juga siy buat bagi-bagi rejeki ke orang kecil,...
tapi kalo bebek siy atuttt,...mosok makanan udah dipersembahkan ke arwah tus dikasih makan ke kita siyyy? nehi lahhh yaww!

9 comments:

  1. Bek,haduh gw paling takut loh kalo ghost month gini. Di mana-mana tenda, terus banyak lilin en asap, kesannya mistis banget. Belon lagi cerita-cerita seremnya, jadinya kebawa deh, jadi takut keluar malam selama ghost month :D

    ReplyDelete
  2. klo banyak sajen gini, jadi inget pas di bali deh.

    di bali itu, sampe rada2 banjir karena dimana2 banyak sampah sajen.

    klo soal makanan bekas sajen.. hehehe... uda gak ada rasa kali klo dimakan sama manusia juga :p

    ReplyDelete
  3. cie2, gw ada cerita lho soal ceng beng ini, kan maren gw pulang di kampuang gw lagi sembayang ceng beng juga, tar gw imelin ya (pengalaman pribadi, ga enak cerita dsini hehe)

    ReplyDelete
  4. Ada satu film Singapore yang nge bahas tentang perayaan " Gjost Month " ini, di film ngomongnya bahasa hok kian dan inggris hahaha. G dengernya ampe begok, secara bahasa hok kian g kan udah jarang di pakai.

    Biasanya sih diadakan theatre china (Kong Hu Pan), untuk menghibur para setan yang berkeliaran (secara Gjost Month artinya Pintu Setan di buka ^^). Dan bangku baris depan dan baris kedua biasanya memang sengaja di kosongkan untuk tempat duduk para setan ^^.

    Klo lagi Ghost Month biasanya dilarang berkeliaran kemana - mana takutnya kesambet :). Dan orang china juga pantang melahirkan anak di bulan ini :)

    ReplyDelete
  5. @yenny
    u lagi ngomongin di bali apa di singapur niy??
    tus apa bener tuh nyang si acen bilang??


    @acia
    thanks buat sharingna, cia.

    @pitshu
    bis kalo udah waktuna melahirkan gimenong dong?

    ReplyDelete
  6. mmhh.. gua dah nyaris lupa ama beginian.. gini neh.. dari medan masih inget tanggalan 1 ama 15 buat vegetarian, pas di jkt dah ga inget..
    chengbeng masi inget soalnya biasa pada heboh mao balek.. skrg disini, ga inget yg beginian lagi kalao ga ada postingan ini..

    @acia : wah cerita serunya cuman email ya? hehehe.. gua di cc ga? hehe

    ReplyDelete
  7. Yah orang klo bikin anak kan bisa dikira - kira biar brojolnya ga pas bulan itu ^^. Tapi klo udah di takdirkan sama yang diatas yah udah mo gemana lagi ! hehehe... itu kan kepercayaan orang cina aja :)

    ReplyDelete
  8. Baru tau ada tradisi gini, ....tapi yang ninggalin macem2/sampah tuh engga disuruh bersihin sendiri?....

    ReplyDelete