Monday, February 06, 2012

Ketupat Sayur ala Bebek

Bahan Sayur :
1buah pepaya muda dipotong korek api (kalau Bebek pakai parutan kasar,...*sudah ngomongnya)
8buah kacang panjang potong 2cm
10-15butir pete, dibelah dua
1 ruas jari langkuas, memarkan
5 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
1 sendok udang kering
200ml santan kara
6-8gelas air putih
5sendok makan minyak goreng untuk menumis
gula
garam

Bumbu Halus :
8butir bawang merah
2butir bawang putih
terasi sangrai 1 sendok teh
7buah cabe merah besar, boleh ditambah cabe rawit merah kalau suka pedas
1 butir kemiri
sedikit lada bubuk

Cara :
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum, masukkan ebi, pete, daun salam, sereh dan langkuas.
Tuang santan, kemudian air, tunggu sampai mendidih.
Masukkan kacang panjang,...kemudian masukkan pepaya yang sudah dipotong halus
Tambahkan gula dan garam secukup rasa (harus benar-benar cukup, karena kalau dicampur dengan ketupat, rasa akan sedikit berkurang)
Tunggu sampai mendidih selama beberapa lama, dan sayuran cukup empuk.

Penyajian :
Potong dadu ketupat,....tuang sayur ketupat dengan berlimpah, taburkan bawang goreng.

7 comments:

  1. Waaaaa...nikmaaatttt!! Bagiiii..... Bek, gue jadi inget, pas Thanksgiving tahun 2003, gue kan bosen banget makan turkey every year, so gue usul sama temen2 Indo, thanksgiving tahun itu gue bikin SAYUR PEPAYANYA KETUPAT dan SEMUR hahahaha... Kayaknya itu Thanksgiving dengan makanan terasyoy deh!

    ReplyDelete
  2. gua belum pernah lho makan ketupat sayur. sama sekali belum pernah nyobain. tapi ngeliat fotonya keliatannya enak banget... :D

    ReplyDelete
  3. g jg suka ketupat sayur . slurrppp

    ReplyDelete
  4. resep2 yg lo posting cocok banget ama selera gw.. makin banyak deh kepengen masak ini itu.. wiken ini krecek dulu atau ketupat sayur ya???

    thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  5. bek, apa sih gak bisa lu masak? just curious aja :P

    ReplyDelete
  6. Ngiler.. apa beda ketupat dan lontong sayur bek? Gua kira elo bikin lontong menyambut cap go meh:)

    ReplyDelete
  7. nanti gua coba praktekin ah... ^^

    ReplyDelete