Saturday, October 13, 2012

Let's Taste a Bit of Vietnam : Pho ala Bebek

Dulu kala,....jaman Yayang dan Bebek masih hidup cukup susah nerimain rantangan harian, ada salah satu keluarga yang sangat berterima kasih ke kami berdua....bahkan sampe sekarang pun, mereka selalu bilang ke orang, kalau mereka dulu sangat terbantu dengan adanya catering Dapoer Bebek, dan menyesali kenapa sekarang udah tidak ada catering harian lagi.

Suatu kali, mereka mengundang kami untuk diajak makan malam, sebagai ucapan terima kasih mereka.
Yayang dan Bebek yang saat itu belum punya si upik pun dijemput mereka, dan diajak ke daerah Holland Village, yang cukup terkenal sebagai tempat nongkrong kalangan elit.
Ternyata restoran yang dipilih adalah restoran Vietnam Pho Hoa. Setahu bebek, dulu di Jakarta ada juga Pho Hoa,...tapi kemudian tutup.
Brubung kami tidak ngerti apa-apa, kami pun hanya ngikut saja orderan yang empunya hajat supaya gag keliatan kampungan.
Ternyata yang diorder adalah Pho, fried spring roll, dan spring roll basah, dan sejak saat itu,..kami berdua jatuh cinta dengan Vietnam food.

Dipacu kecintaan kami pada Vietnam food pula, sampai akhirnya suatu saat kami memilih Saigon sebagai destinasi liburan kami. Bahkan sampai ada Trip Part II ke Northern Vietnam (Hanoi dsk), dan kami masih belum puas lagi menjelajahi Vietnam.

Brubung makan di Pho Hoa cukup mahal menurut ukuran kami yang pelit ini,.... kami berdua hobi masak,....kami pun mencari tahu resep membuat Pho, dan inilah resep Pho ala Bebek :

Bumbu oseng :
- satu sendok teh fennel seeds (kalau lihat di google,....katanya di Indonesia = jintan? tapi bebek lihat bentuk dan warna sedikit lain sih,...)
- satu sendok star anise
- satu sendok teh coriander (ketumbar)
- satu sendok teh cardamom pods (gag tau bahasa Indonesianya apa)
- satu batang cinnamon, (kayu manis)
- 5-8 buah clove (bunga cengkeh), boleh lebih bila suka


Semua bumbu oseng dimasukkan dalam kantung khusus, dicampur sebatang jahe 5cm yg sdh dikeprek.

Tulang sapi direbus dengan 4 liter air,.....(Bebek buang air rebusan pertamanya ), kemudian masukan 2 buah bawang bombay yang sudah dibelah dua, dan juga kantung bumbu, tambahkan gula batu, 100cc kecap ikan, biarkan selama minimum 2 jam, setelah api dimatikan, tambahkan daun bawang besar.

Sementara menunggu sup pho matang, siapkan rice stick (semacam bihun, tapi lebih besar besar), seduh dengan air mendidih sampai mencapai keempukan yang diinginkan.



Kemudian siapkan semua sayuran, yang biasanya terdiri dari tauge, daun mint, kemangi, daun bawang dan juga jeruk nipis (kalau di Vietnam, daunnya lebih beraneka ragam lagi,... wanginya beraneka macam, dan enak-enak semua). Lalu jangan lupa cincang sedikit cabe rawit merah.

Biasanya juga Pho disajikan dengan daging sapi yang diiris tipis-tipis,.....tapi kali ini Bebek gag pake, jadi ini dia penampakan akhir Pho ala Bebek kemarin :
Selamat menikmati!












6 comments:

  1. keliatan enak, cuma pasti pedes yah! tuh cabe na aja merah2 biji na banyak begiu wakakakakka :)

    ReplyDelete
  2. thanks resepnya bek...

    pas liat ada tulisan gluten free di kemasan bihunnya jadi kepikir buat bikin resep diatas buat si bocah kecil.. cuma kecap ikannya kalo diganti garem doang aneh ga ya? soalnya alergi ikan juga...

    ReplyDelete
  3. jadi dimasak 2 jam ya bek?
    sip deh entar dicoba :-)

    ReplyDelete
  4. Keliatan enak, Bek :-) Gue catet ya resepnya. *catet mulu, buatnya ga tau kapan* Hihihi...

    ReplyDelete
  5. sukses bek, walo condimentnya kurang.. yummy and i like it ... padahal perasaan baru sekali mkan pho nih... hahaha.. :D

    thanks for sharing yaaa

    ReplyDelete
  6. @Pitshu : buat pitshu ya ga usah pake cabe :)

    @xiao : bisa kok diganti garem,...cona aja, xiao

    @Dessy: makin lama digodok, makin enak, Des...

    @nilola : kalo praktek, colek gw ya...

    @Ariany : tar kalo ke SG, gw ajak ke Pho Hoa yg Holland Village itu deh ya....

    ReplyDelete