Monday, September 12, 2011

Capcay Goreng

Bahan (yang ada di kulkas saat masak ini) :
- 100 gr. dada ayam filet, iris tipis
- udang kupas 100gr.
- wortel 1 buah, kupas, iris tipis
- sweet peas 10 buah, buang ujungnya
- sawi putih 6 lembar besar, potong-potong
- sawi hijau sebanding dengan sawi putih, potong-potong
- daun bawang besar 1 batang, potong miring
- bawang bombay 1/2 butir, potong wedges
- bawang putih 3 siung, cincang kasar.
- 1 sendok sagu, campur air 150ml
(kalau mau lengkap bisa pakai brokoli, kembang kol, dan kol kalau suka)
Cara :
Panaskan minyak 5 sendok makan, masukan bawang putih hingga kekuningan dan berbau harum. Masukan daging ayam sampai berubah warna, kemudian masukan wortel kemudian aduk selama 2 menit. Masukan sweet peas dan jamur kuping, aduk selama 2 menit. Masukkan semua bahan yang tersisa, dan aduk sampai udang berubah warna, dan sayuran lemas, kemudian masukka 2 sendok kecap ikan, lalu tuang 150cc air. Bubukan garam, gula dan lada bubuk secukup rasa. Biarkan sampai air mendidih. Terakhir masukan air campuran sagu, aduk sebentar sampai merata, matikan kompor.
Capcay siap dihidangkan.

6 comments:

  1. resepnya sepertinya gampang ya, masalahnya gua gak ada stock sayuran bermacam2 hihihi... jadi capcay gua isinya brokoli ama wortel tok haha.. sampe2 david bilang apanya yang capcay ini mah sayur brokoli :P
    biasa gua pake saus tiram bek, lu gak pake ya?

    ReplyDelete
  2. Gw ga pake saos tiram, tapi kecap ikan, Vi...lupa gw masupin di posting :)
    Kalau si yayang yang masak capcay, dia pake saos tiram tuh,...preference aja kalau ini mah.
    Gw juga biasa pakai brocoli dan kembang kol. Tapi brubung di kulkas adanya cuma itu semua di atas, ya pablewat....seadanya ajah xixi

    ReplyDelete
  3. ga ada gambarnya bek :) hahahaha

    ReplyDelete
  4. Cantik deh capcaynya, gw jadi ngiler....

    ReplyDelete
  5. sebenernya bikin capcay cuma pake gula garam + merica (kalau suka) tapi kenapa kalo gw bikin rasanya selalu ada yg kurang ya? kalo di resto pake saus tiram atau bumbu tambahan lainnya kalo yah?

    ReplyDelete
  6. kalau ga pake kecap ikan , bisa pake saus tiram .
    g suka kasih jamur kancing . yah namanya capcai jadi apapun bisa dimasukin kedalam. baso ikan, baso sapi, perut ikan , ati / ampela ayam ,dll

    ReplyDelete