Friday, September 23, 2011

Kantong Kresek

Di Singapur, penggunaan kantong plastik kresek sudah mulai dikurangin,...banyak orang sudah mulai sadar untuk membawa kantong plasti kresek sendiri atau membawa tas belanja sendiri kalau belanja ke supermarket.

Tapi kali ini Bebek bukan mau mengulas tentang global warming issue nih....cuma mau ngebahas yang ringan-ringan aja tentang kantong plastik kresek.

Awal-awal Bebek tinggal di Singapur sih, Bebek sudah notice hal ini....tapi gag sampe kepikiran untuk posting di blog :)
Ternyata tuh ya,... ada perbedaan yang cukup nyata loh dalam hal plastik kresek di Indonesia dan di Singapur (juga beberapa negara lain yang kebetulan pernah Bebek injak injak).
Perbedaan ini adalah dalam hal warna...seperti terlihat di foto di atas.
Yang sebelah kiri adalah plastik kresek dari Indonesia, yang bebek dapet waktu ke Batam beberapa minggu lalu....sementara yang sebelah kanan adalah plastik kresek dari Singapur.

Entah kenapa, plastik kresek Indonesia tuh hampir selalu warnanya hitam ya?
sementara Singapur punya warnanya cerah (yang paling banyak dipakai adalah warna putih dan merah).

Dulu Bebek lebih suka plastik kresek Indonesia yang khas berwarna hitam itu,.. enak banget karena barang di dalemnya jadi gag terlalu nampak, tapi sekarang Bebek lebih suka yang berwarna terang, karena kelihatannya lebih bersih...
Yah mungkin karena sekali lagi karena menjunjung langit kali ya...di Indonesia ya bebek suka warna hitam,...di Singapur jadinya suka warna terang :)

11 comments:

  1. di indo kalo dari supermarket banyakan plastiknya putih bek.

    plastik item enaknya karena gak keliatan isinya. tapi gua sebelnya karena di indo banyakan plastik itemnya pada bau. kayaknya karena bahan plastiknya kurang bagus ya.

    ReplyDelete
  2. Lucu banget kalo ada plastik kresek warna-warni gitu. Sekarang sich di Indonesia, ada plastik kresek yang bermotif...

    ReplyDelete
  3. Menarik banget warnanya Bek, tapi biasanya yang warna2 itu rada tipis, terutama yang putih. Disini juga dah dikurangin pemakaian kantong kresek, jadi harus sedia serep di tas deh.

    ReplyDelete
  4. Plastik hitam itu kebanyakan dibikin dari plastik daur ulang, bek. Nah kalau dari biji plastik baru kan masih bisa diwarnain macam2, kalau yang daur ulang cuma bisa hitam dan bau :(

    ReplyDelete
  5. iya.. plastik item itu baunya ampun2an.. kalo bawa makanan pake plastik itu bisa nempel baunya di makanannya..

    ReplyDelete
  6. iya betul kresek item bny di Ido
    Dugaan g itu dari limbah campuran yg ga jelas , dr campuran bny bahan bekas . kan di Indo plastik2 bekas apa aja dikumpulin ama pemulung trus dijual lagi dibuat bubur plastik
    nah ini mgkn jadi bubur yg wrn nya ga jelas , krn campur aduk , dr pd repot kali dikasih wrn item aja .
    makanya baunya juga aneh n kdg keras kaku kdg licin tipis .
    g jg maren uda bw kresek sndr wkt ke HK n spore . abis ntar di charge kl pake kresek dr tokonya . tp itu bgs lah buat kurangin sampah palstik yah .

    ReplyDelete
  7. gua juga demen plastik item buat sarungin tempat sampah hehehe, kl di indo masih jarang ya yg bawa tas or kresek sendiri, kecuali ke Lottem*rt yg ga nyediain ya, kalo ke superind* sekarang kl beli banyak suka ditawari mau ga pake kardus aja, gua pernah tuh.

    ReplyDelete
  8. apalagi kalo ke IKEA, harus bawa tas sendiri, plastiknya bayar... hahahhaa.

    ReplyDelete
  9. klo ke pasar medan kebanyakan plastik na merah, klo kepasar biasa, item atau putih wakakaka :)
    bagus yah plastik sg warna warni gitu

    ReplyDelete
  10. gak semua plastiknya item kok bek, banyak yang putih dan merah juga, kalo item itu emang bau, karna daur ulang dari bahan yang gak jelas hehe.. tidak boleh diisi makanan ^^
    kecuali kalo makanannya gak bersentuhan langsung, dan terpaksa :P

    ReplyDelete
  11. Disini banyak tuh orang2 pada bawa tas sendiri kalau groceries atau belanja di toko. Di Canada, waktu gw kesana, tiap bag kena charge 5 cents. Disini kalau belanja di Target kena charge 5 cents juga. Cuman gw mah orangnya males bawa2 tas, mending gw bayar deh. Gga gitu gw pakai juga untuk sampah.

    ReplyDelete