Tuesday, November 22, 2011

Saigon's Last Day

Sesampainya di Tan Hai Long Hotel, kami belum bisa check in, karena kamar belum siap. Jadi setelah nitipin koper, kami pun mulai keliling kota dengan bekal sepotong peta, sedikit informasi dari staff hotel, dan ingatan si Yayang selama naik taxi.
Ampyun deh,....Saigon tuh lain banget sama Dalat...kalau Dalat kan sejuk banget,...Saigon puanaasss...:(
Oh nooooo,... gimana neh kalau ketek berkuah lagi???
Tapi Bebek dan Yayang mah gag takut lahhhh.... buat kami nyang namanya jalan-jalan tuh semua aspek harus diresapi dan dinikmati....panas ya kepanasan,... dingin ya kedinginan......itu semua nanti akan menjadi bagian kenangan buat kami.
Si Yayang malah masih sempet tuh gaya-gayaan jadi tukang jualan keliling...xixixi....
Setelah jalan kaki 20 menit, kami pun sampai juga di Reunification Palace :

Memasuki istana, kami dipandu oleh seorang tour guide yang fasih sekali menjelaskan sejarah Vietnam,... dan membuat pengetahuan kami akan sejarah Vietnam bertambah lagi sedikit....Ternyata presiden pertama dan kedua Vietnam itu beragama Katolik,....sama seperti permaisuri Kaisar terakhir Vietnam....pantes selain kuil Buddha, banyak gereja yang juga bertebaran di Vietnam.

Satu hal yang cukup mengherankan,...kalau memasuki bangunan-bangunan bersejarah seperti ini, kami tidak menemui satu pun orang Indonesia :) padahal di hotel, airport dan tempat-tempat belanja,....gag sedikit loh kami ketemu turis-turis Indonesia...
Kalau hal-hal seperti ini, memang bule patut diacungi jempol ya,..:)

Selesai dari Reunification Palace,....kami mendatangi Ho Chi Minh's Cathedral......
Dari Cathedral,.... kami naik taxi ke China Town,... tapi brubung gag banyak yang dilihat,...*Bebek sempat belanja sedikit siy :), kami pun pulang ke hotel untuk mandi, sedikit beristirahat, untuk kemudian keluar lagi untuk menikmati suasana sore kota Saigon.

Puas jalan,... kami pun berhenti di warung pinggir jalan,... menikmati kelapa muda dan ramainya jalan raya ....dan malamnya kami makan di pasar malam......yang ramenya audjubile....tapi kalo soal rasa sih biasa aja .....:(

Bebek juga sempet sebel sama Vietnamese di Saigon,...secara mereka dagang tuh punya dua harga loh,....
jadi ceritanya Bebek mau nyobain jajanan ketan di pinggir jalan,...
Bebek lihat, orang-orang lokal pada bayar VND 10.000,... tapi giliran Bebek mau beli,...dia minta US$2!
Ya jelas aja Bebek gag mau.....
Pas mau sampe hotel,.. ternyata ada lagi pedagang ketan serupa,....langsung aja deh Bebek sodorin duit VND10.000, tanpa sepatah kata pun :)
Ketannya enak banget,....dicampur sama kelapa muda, selei kacang, sedikit air gula dan santan.....yummy!!

Satu kejadian lagi yang bikin Bebek ilfil,....saat beli mangga,....pilihan Bebek diganti sama pedagangnya...ya Bebek pikir mungkin pilihan Bebek kurnag bagus kali ya,....jadi dikasih yang bagusan sama dia...
tapi gag taunya, pas di hotel Bebek mau makan itu mangga,...yaolooo mangganya sedikit busuk...arrrgghhh sebel banget....kesel sama orang-orang lokal.....!!
Tapi orang-orang di Dalat sih nggak seperti itu,.. gag ada yang naik naikin harga.....
Yah mungkin karena HCMC kota gede, kali ya,.. semua orang udah jadi mata duitan....

Pulang hotel, langsung beres-beres koper,....terus tidur deh.....


Pagi selesai sarapan, udah males keluar hotel,....jadinya kami cuma gegulingan aja di kamar,....kemudian keluar untuk makan siang PHO 2000 terakhir sebelum pulang....sumpe deh,... pho bo dan spring roll di sini tuh enak bangettt, dan Bebek puas banget tiap hari makan PHO :)

Selesai makan, check out dan kami pun naik mencari taxi untuk ke Bandara.
Waktu nyari taxi, lagi-lagi kami dibuat sebal dengan kelakuan orang lokal....kali ini adalah bellboy hotel,...
masak sih dia nanya berapa budget kami untuk naik taxi? halahhhh dasar mata duitan.....nyebelin banget. Mosok dia bilang taxi ke bandara gag ada yang pake meter,....??
akhirnya si Yayang kesel,..dia pun turun tangan berhentiin taxi Vinasun sendiri,.. kemudian tanya ke sopirnya, pake meter atau nggak, dan si sopir bilang tentu aja pakai meter.......dan kami pun meluncur deh ke bandara....

9 comments:

  1. ngiler ngeliat pho ama springroll nya bek!!!

    ReplyDelete
  2. Springrolls nya pengen gw comot deh...

    ReplyDelete
  3. iya makannya kayaknya ok banget. kalo harga makanan ga diketok ya?

    ReplyDelete
  4. wew... jadi inget nyokap pas ke cina, yang klo sampe hotel barang2 ga boleh bawa sendiri baik itu hanya 1 bg handcarry, kudu diangkat ama pelayan hotel sana, dan klo udah sampe kamar, tuh pelayan hotel ga akan pergi sebelum lo kasih tips LOL
    itu Ko San ngangkat pikul dagangan apaan ?

    ReplyDelete
  5. Pho ama spring roll pasti aku sikat kalau ke Vietnam
    ntah kpn moga2 bs taun depan , ember ya org2 di kota gede suka jaat2 , beda ama di kota kcl yg masih polos .
    ehh si Yayang lu mikul apa tuh ? susu kacang ya ?

    ReplyDelete
  6. mmm makanannya enak banget kliatannya!
    Duh sayang banget yah org2nya kok gitu sih :( mencemarkan kebagusan Vietnam aja... :(

    ReplyDelete
  7. Huaaaa kacao kacao, kudu ati2 donk kalo ke Saigon dan kudu pinter nawar juga rasanya yah. Iya Bek, disini juga sama...kalo museum dan tempat2 bersejarah jarang banget turis Indo, kecuali kalo mereka ikut tour. Tapi kalo tempat shopping, bejibun booo... Ketanya menarik banget warnanya...dan sekarang, gua jadi pengen spring roll, hihihihi.

    ReplyDelete
  8. emang kota gede orang2nya lebih matre yah.. tapi terlalu ih masa orang beli mangga dikasih yang busuk..
    pho lu emang enak banget kliatannya bek :D

    ReplyDelete
  9. Kayaknya juga tergantung sama hotelnya deh Bek.

    Pas kemarin di KL, gue stay di Sheraton Imperial. Pihak hotelnya malah udah terapin tarif taksi resmi dr hotel ke KL, 140 RM. Dia bakalan tetep jalanin meternya, tapi kita cuma perlu bayar 140 RM. Bener, pas sampai di sana, biayanya 142 RM belum termasuk tol, tapi kita bayar 140 RM aja. Kayaknya itu program pemerintah ya.

    ReplyDelete