Sunday, October 28, 2007

Tahap Perawatan Kesuburan

Brubungan dengan postinganna angel, bebek jadi browsing internet.

Untuk semua teman-temin yang sedang berharap,....ini ada artikel masupan :

1. Evaluasi pendahuluan dan Clomiphene
Langkah pertama jika tidak ada kehamilan setelah batas waktu yang dianjurkan adalah menemui ginekolog Anda. Beberapa tes pendahuluan akan dilakukan yang meliputi tes darah, scan ultrasonografi dan analisis sperma.

Dokter mungkin akan memberi Anda tablet fertilitas yang disebut Clomiphene. Ini akan memastikan Anda berovulasi. Jika kehamilan tidak terjadi dalam waktu 6 bulan, maka dengan penggunaan Clomiphene lebih lanjut kecil kemungkinan akan menghasilkan kehamilan.

2. Pemeriksaan tuba
Biasanya selanjutnya akan dipertimbangkan pemeriksaan tuba fallopii. Cara yang sering dipilih adalah melalui operasi yang disebut laparoscopy. Dalam operasi ini, sebuah teleskop kecil akan dimasukkan ke dalam perut melalui pusar.

Keuntungannya, dengan operasi ini bisa diperiksa apakah organ-organ dalam normal dan sehat, apakah tuba tersumbat dan apakah ovarium berada dekat dengan ‘mulut’ tuba.

3. Super-Ovulasi dan Inseminasi Artifisial
Super-Ovulasi dan Inseminasi Artifisial (SO-AI) adalah langkah kedua dalam perawatan. Ini meliputi injeksi hormon harian untuk ‘mendorong’ hormon alami Anda. Tujuannya adalah menginduksi pertumbuhan hingga 3 sel telur.

Pada saat ovulasi, sperma suami Anda yang telah disiapkan akan ditempatkan di dalam rahim Anda melalui prosedur yang sederhana dan tanpa rasa sakit. Kami tidak menganjurkan metode ini jika tidak ada kehamilan setelah 4 siklus perawatan.

4. Fertilisasi In - Vitro
Fertilisasi In - Vitro (IVF) atau lebih lazim disebut ‘program bayi tabung’ adalah langkah perawatan berikutnya jika SO-AI tidak berhasil. Langkah ini baik jika tuba fallopii tersumbat atau jika tidak ada sperma yang memadai untuk SO-AI.

Pada dasarnya, metode ini melibatkan ekstraksi sel telur dari tubuh yang kemudian dicampur dengan sperma di laboratorium. Tiga sel telur yang telah dibuahi, disebut embrio, ditempatkan ke dalam rahim.

Diagram

Kerumitan IVF adalah memastikan bahwa perkembangan sel telur terjadi dengan kecepatan yang tepat, dan menentukan kapan sel telur itu matang. Hal Ini disebabkan sel telur yang tidak matang tidak bisa dibuahi.

IVF di kebanyakan klinik memerlukan kombinasi dan penggunaan scan ultrasonograf dan tes darah yang sering untuk menentukan kapan sel telur matang. Di klinik-klinik tersebut, pasien bisa menerima hingga 70 suntikan dalam waktu 4 minggu, dan sekitar 15 kali kunjungan ke klinik. Selama kunjungan, biasanya dilakukan tes darah untuk mengukur tingkat hormon. Pasien mungkin perlu tinggal di rumah sakit setelah sel telurnya diambil.

5 comments:

  1. Lengkap infonya, di Belanda banyak pasangan yang berhasil melalui IVF punya momongan.

    ReplyDelete
  2. bebek sendiri uda sampe tahap mana? hehehe...

    ReplyDelete
  3. @tiwi
    iya, di bld juga banyak IVF yah?

    @acen
    bebek masiy usaha alami :P

    ReplyDelete
  4. littt...emailnya udah gue bales panjang lebarr..hheuheue smoga ga membingungkan..

    ReplyDelete
  5. tq ngel,..
    ckakakak asik juga yah ngimel-ngimelan

    ReplyDelete