Sunday, July 22, 2007

A Tougher Kind of Love

Biasanya kalau ada orang yang kita sayangi mengeluh sakit, sering kali jawaban natural yang kita berikan adalah menyuruhnya untuk berbaring dan beristirahat.
Kemudian kita mungkin akan mengambil alih tugas yang sedang dikerjakannya.
Tapi menurut penelitian baru-baru ini, saran tersebut mungkin malah memberikan efek negatif dibandingkan positif. Penelitian menemukan bahwa sebetulnya si sakit mengharapkan kita untuk menyemangati mereka untuk melanjutkan apa yang sedang mereka lakukan.
Dr. Joan Hester dari Inggris setuju bahwa menyemangati pesakit untuk beraktifitas dan berolahraga memberikan efek menguntungkan. Kecuali penyakit seperti patah tulang dan beberapa penyakit kronis lainnya, terlalu banyak beristirahat malah membahayakan, karena akan menyebabkan efek negatif seperti kegemukan, melemahnya otot, dan depresi.
Aktifitas sebaiknya dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan sesering mungkin dengan istirahat secukupnya untuk membangun ketahanan tubuh.

Sumber : Readers Digest

1 comment:

  1. setuju.. contohnya kaya aya di 1 little of tears.. pantang menyerah, malah dengan buku hariannya bisa menyemangati orang lain.. ;)

    ReplyDelete