Tuesday, January 15, 2008

Yang Mahal Lebih Baik??

Wine,

Tadi pagi waktu buka email, ada temen yang kirim satu artikel tentang “wine” yang judulnya “Wine we know, gets better with age-but now it appears it tastes better the more it costs”. Interesting kan……

Wine yang biasa kita minum dalam banyak perayaan seperti : Natal, Tahun baru, Ulang tahun atau apa saja rasanya akan tambah enak kalau “umur” nya semakin “tua” (betul nggak sihh…). Tetapi sebuah riset di California Institute of Technology mendapatkan bukti kalau rasa wine yang diminum seseorang bisa jadi “enak” kalau orang tersebut diberitahu kalau harga wine yang dia minum itu “mahal”.

Dua puluh satu “volunteers” diminta untuk minum dari beberapa botol wine yang tidak ada labelnya (sebenarnya wine itu diambil dari satu botol yang sama dengan merk Carbernet Sauvignon harganya sekitar 46 poundsterling) dan menilai botol mana yang “rasa” nya paling enak menurut mereka. Informasi yang mereka tahu cuma harga dari wine tersebut mulai dari 5 poundsterling – 46 pondsterling. Sebagian besar mengatakan wine dengan harga yang lebih “mahal” rasanya lebih enak dari yang lebih “murah”……..????? Aneh kan … padahal semuanya wine yang sama……

Menurut Antonio Rangel (pemimpin riset), “otak” dari para volunteers di “scan” saat mereka meminum dan memberikan jawaban untuk memonitor “the neural activity in the medial orbitofrontal cortex” area otak yang menentukan “decision making” dan “pleasure” dalam hal “rasa”. Kebanyakan dari otak para volunteers memberikan reaksi positif saat meminum wine dengan label harga yang lebih “mahal”. Antonio menambahkan, “Expectation can effect the actual econding of pleasantness of the experience”.

Kalau dipikir-pikir betul juga sih, kebanyakan orang nggak peduli apa itu wine, makanan, pakaian, perhiasan atau apa saja kalau harganya mahal pasti orang yang minum, makan atau memakainya merasa lebih “nyaman” dari pada yang “murahan”. Aku belajar sesuatu yang berharga hari ini, mudah-mudahan temen-temen pembaca juga yah…….. “Nggak selamanya yang “mahal” itu “enak”, kadang yang “murah” juga bisa lebih “enak” tergantung bagaimana cara kita “menilai” nya”. Kuncinya ……. Bersyukur selalu……betul nggak………pasti betul deh….he…he…he……

9 comments:

  1. betul benul inul bersyukur :P. bebek dah trima imelku :

    ReplyDelete
  2. yoiii... setubuH!!! hehhe :) setuju maksudnya

    ReplyDelete
  3. g selalu percaya yang namanya " harga menentukan kwalitas "

    " duit tau barang "

    g dulu pernah beli rok mini, yang 90rb di mangga 2 dan yang 350rb di mall. g lebih nyaman pakai yang 350rb dan jatuhnya di badan juga lebih bagus. emang harga menentukan kwalitas wakakakak...

    ReplyDelete
  4. kalo gw bilang siy memang gak selalu yang mahal itu lebih baik atau yang murah itu lebih buruk... tergantung berapa margin yang diambil penjualnya hehehe... tp emang siy kadang faktor psikologi barang mahal cukup mempengaruhi konsumen...yang penting kalo mau beli barang, cari tau dulu mana yang ok, biar gak kecewa gituu... ;p

    ReplyDelete
  5. @coni
    tq so much teh coni,....email dah diterima, nti bebek bales,...ini lagi di perpus, minjem buku travel :)

    @fun
    tosss!!

    @pitshu
    kalo nti pitshu katering ma bebek, hargana dimahalin ahhhhh, biar di lidah pitshu rasana tambah asooy geeboyy!

    ReplyDelete
  6. @vino
    naahh tuh nyang ini laen lagi pendapetna

    ReplyDelete
  7. tapi tapii.. barang yang bagus pan susah murah.. :(

    *sisi pandang produsen*

    hehhehe

    ReplyDelete
  8. hihihi.. ada bener dan ga nya sih.
    Kualitas berpengaruh pada harga, tapi brand image bisa jadi juga. :P

    Aku juga suka bingung ama cewe2 yang rela membeli tas LV yang harga nya sampe 40jtan ke atas dan bisa punya koleksi >1. Doh, apa nyamannya ya? Kok rasanya kalo sedikit kotor atau rusak atau ilang, bisa ngerasa sayang banget. Mendingan yang normal2 aja, yang KW1, not bad, tetep bisa hemat, stylish, dan cukup long lasting.
    (Ya duit orang ya, ngapain dipusingin ya? kekeke)

    ReplyDelete
  9. betul,...brand image....bahkan setiap kita pun adalah brand image,...misalna kalo inget nama sakuralady,...maka yang ada dalam gambaranku adalah cewek manis nyang hebring

    ReplyDelete