Sunday, February 03, 2008

Tempe Singapur

Cari tempe di Singapur itu susah-susah gampang.... Gak semua pasar jual tempe,..mesti pilih-pilih pasar nyang banyak komunitas melayu dan indonesia na.
Masih banyak sekali Singaporean nyang belum kenal tempe.

"What is tempeh??" they asked me when i was talking about one of indonesian dishes.

ato pernah juga waktu ada teman singaporean nyang ngeliat tempe langsung tereak :

"Yikks! It's mouldy!"

Masaoloohhhhh,....belum tau enakna tempe sih mereka ini....

Tempe di sini lain dengan tempe di Indonesia. Di sini tempe kurang syedapp. Mungkin karena cara pembuatanna terlalu higienis kali yeee,...gak seperti di indonesah nyang kadang kudu diinjek-injek dan dicuci pake air kali :P
Tapi seenggakna,...bebek masiy bisa makan tempe lah di sini....

Tempe di Singapur dibungkus kecil-kecil,...pake kertas bungkus warna cream, dilapisi daun (gag tau daun apa). Gedena kurang lebih 4 x 10 x 0.70 cm (dua kali caplok udah abis). Ada nyang isina dua, ada juga nyang cuman satu. Bentuk bungkusanna seperti ini :


Terus isina itu seperti apa siy??

Tuh kek di atas itu deh isina,...putih bersih, dan kalo digigit kacang kedelena masiy bulet-bulet gituh.

Hargana??? berkisar antara 30 cents sampe 60 cents per bungkusna,...padahal kalo di endonesah 3000 perak udah dapet segeblek pisan yah???

22 comments:

  1. ayo ke Geylang,Lita..kan ada si Merah :)
    tempe lokal sedole dapet 4 bungkus,hari2 ttt bisa 'nemu' tempe batam yang endang gulindang ituh kayak tempe jakarta :)

    ReplyDelete
  2. huahhh... didalamya kecil banget!!!! enggak nendang buat pitshu itu mahhhh... hahahahaha

    mahal yah ?! kek sekarang di indo tempe ama tahu lagi mahal hahaha :)

    ReplyDelete
  3. ellen sayang,...ongkos ke geylangna udah lebih dari harga tempeh na loh,....:P

    sama sih, pit,...dii sini juga lagi pada naik niyyyy cuman kolor doang nyang turun mahh

    ReplyDelete
  4. waduwh.. kaya lemper yak tempe sono :D.

    ayo klo tante ke indo, anung traktri tempe dah all u can eat :D

    ReplyDelete
  5. waaa...jadi kangen tempe mendoan, payahnya aku kalo beli tempe sampe harus ke kota lain, udah mahal di ongkos khan...;)

    ReplyDelete
  6. di sini tempe mahallll buanget, susah euy carinyaaaa... :(((

    Jadi kangen makan tempe goreng ihikkk

    ReplyDelete
  7. tempe higienis malah ga enak ya? hahaha.. lagi kangen makan tempe juga neh.. LOL

    ReplyDelete
  8. wakakaka, bebek, cuman kolor doang nyang turoon :P. Ini saya jg kepengen makan tempe lah, coba dpt ragi tempe. dah bikin ndiri dah.

    ReplyDelete
  9. @anung
    bebek beli tempe segerobak, anung nyang bayar?

    @tiwi, nie, coni, sakura
    kaciannnn deh loooo! pastina di sana lebih susah ndapetin tempe dibanding singapur yahhh
    teh coni,...ragi tempe itu bentukna kek apa yah???

    ReplyDelete
  10. Di sini ada org indo yg buat sendiri, satu papannya 2,5 euro... masak sih di SIN ngga ada yg buat ???? Di impor aja dari batam pan tinggal nyebrang

    ReplyDelete
  11. Di tempat gua ada juga tempenya, besar sech bungkusannya, kira2 10cmx5cmmx2cm gitu. harganya$2. Lumayan enak daripada kaga ada haha...

    ReplyDelete
  12. ya ampooeeeen..tuh tempe cuman segitu doank? padahal di indo dulu jaman ngekos, beli berapa ribu aja dah dapet seberapa banyak, sampe panas dalem makannya kalo dijadiin gorengan hehe :)

    ReplyDelete
  13. bek, laki gw mo ke spore..mo nitip tempe gak ? ;)

    ReplyDelete
  14. @lisa
    ada say,...di sg ada tempeh,...itu nyang dipoto pan tempe singapur...
    kalo beli di batam,..ongkosna ajah udah $40an,..hffff

    @nathan
    iye,...daripada kepiengen yah beli ajah blehhh

    @lidi
    kapan ke sg na??
    minta alamat rumah u japri, lidi
    g mo suruh adek g kirim obat pake tiki ke tpt u,..tru suruh si parno bawain yah??

    ReplyDelete
  15. @fun
    iye fun,...dibikin gorengan satu potong yah cuman dapet satu tuhhh

    ReplyDelete
  16. weuhhhh mahal ya T_T makanan di sgp bosenin neeeeeeeee haeshhh.. gpp bebek bsk g ke sgp g bawain tempeh :)):)):)) huehuehuehuheue bole liwat kan?

    ReplyDelete
  17. dudul..nak aje lu ganti ganti nama laki gw...

    rencananya tgl 11 Feb, ntar klo dah fix gw kasih kabar loe 2 hari sblm berangkat 'k

    gak usah pake tiki..anter kerumah aja..rumah gw daerah Grogol..deket kan dari rumah ade lo?

    ReplyDelete
  18. @didia
    bawain nasi padang ajah dongg

    @lidi
    dooohhhh dah kebiasaan dari dulu pan ganti-ganti nama?
    alamat lengkapna mana?

    ReplyDelete
  19. Whаt a informatiоn of un-аmbіguіty and presеrvеness
    of valuable famіliаrіty about
    unexpеcted feеlіngs.

    Му ωeb-ѕіte: payday loans

    ReplyDelete
  20. Dеfinitely belіеvе that whіch you
    ѕaid. Your faνorite justificаtion seemеd to be on the net the easіeѕt thing to be awaгe of.
    ӏ sаy to you, Ι cеrtainly gеt аnnoyеԁ whilе peοple thinκ аbout wοггiеs that thеy ϳust do
    not knoω аbout. Υou mаnаged tο hіt the naіl uρon the top as
    well as ԁefіned out thе whole thing ωithout haѵing sіde effеct , pеοple сan
    take а signal. Will ρгobablу be back tο get
    more. Thаnkѕ

    Heгe iѕ my web sіtе - payday loans

    ReplyDelete