Thursday, April 26, 2007

Singlish

Karena biaya hidup yang tinggi, maka “kebanyakan” orang di sini tuh sibuk kerja setiap hari. Bayangin aja, banyak orang yang sudah berumur lebih dari 60 tahun masih bekerja misalnya jadi tukang bersih-bersih di “coffee shop” atau di “food court”. Saking sibuknya kerja, kebanyakan keluarga di sini tuh cari cara “praktis” untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari. Biasanya mereka beli makanan di luar (nggak masak sendiri) sebelum dan sesudah bekerja, Jadi rumah cuma jadi tempat istirahat doang, tapi lucunya dapur orang-orang ini tuh biasanya dibuat “bagus” banget padahal ujung-ujungnya nggak di pake (cuma untuk “show” aja……he….he…he…). Karena “demand” yang tinggi ini pemerintah lalu menyediakan tempat untuk menjual makanan di sekitar tempat tinggal mereka, paling nggak “harus” ada satu atau dua cofe shop dalam satu kelompok perumahan kalau nggak mau kena komplen dari rakyatnya sebab ada yang bilang “Hungry man is an Angry man” ….he…he…he….. Oleh karena itu bisnis menjual makanan ini jadi bisnis yang paling “menjanjikan” di Singapura.

Bicara urusan makanan, TV Singapur banyak menyiarkan acara yang berhubungan dengan makanan. Salah satunya “Our Makan Place Lost and Found” di channel 5. Dalam acara ini pembawa acara akan “mencari” warung makanan yang terkenal enak tetapi sudah “pindah” dari tempat jualan yang dulu.
Penonton bisa minta mereka mencari tempat makan yang pindah dengan cara mengirim e-mail yang memberitahukan di mana tempat awal makanan tersebut dijual lengkap dengan nama warungnya. Mereka akan berusaha mencarinya dan kalau sudah ketemu akan disiarkan di TV.

Pembawa acaranya ada dua,…Gurmit Singh dan Michelle Chia,..dari namanya udah ketahuan dong,..race keduanya??? ……………..Betullllll,… India dan Cina….
Nah,... kemarin ada percakapan lucu dari keduanya,...
Singapur kan terkenal dengan Singlishnya (Bahasa Inggris dengan logat cina),...kalau ngomong suka ditambah 'lah',...'mah' dll.

Kebetulan Gurmith dan Michelle lagi makan makanan India, jadi waktu Michelle nanya sesuatu dan Gurmith gak bisa jawab,..Michelle bilang : “you are Indian,…mahhh?” Terus si Gurmith dengan cepet jawab balik : “I am Indian Man,…not Indian mahhhh” hehehehe lucu banget lihat tampangnya si Michelle,...

Aiyooooh,....aku di sini jadi ketularan pake singlish!

3 comments:

  1. kalo dibandingin indo mah.. kayanya orang tua di indo umumnya jauh jauh lbh beruntung drpd di negara maju. Udah punya pembantu, punya supir, punya anak yg layaknya dah bisa biayain mereka.
    Gua suka sedih gitu kalo ngeliat org tua masih kerja, cth wkt di medan, dulu ada nenek2 umur 80an gitu masi dorong gerobak jualan roti. Krn bukan pemandangan pada umumnya, gua langsung nge-judge kalo anaknya durhaka banget. (padahal tau jg ga, apa tuh nenek punya anak atau kaga) :P
    tapi kalo di sing, jpg, atau dimana lagi ya? itu dah awam banget yah. Walopun tua, mereka malah keliatan energik. :D

    ReplyDelete
  2. iya say,... di sg sih udah umum sekali opa oma masiy pada kerja.
    tapi ini ga selamana negatif loh,...justru dengan bekerja, mereka lebih sehat,... ga cepet pikun,...

    ReplyDelete
  3. lucu banget percakan dg indian nya! iya, waktu ke sana 2 minggu lalu, sopir taksinya banyakan dah tua2. terus iseng gua tanya, di singapore, usia pensiun berapa(?) kayaknya si oom taksinya kok kurang ramah. dia gak terlalu pengen jawab. kali sensitif nanya umur. mestinya kan dia bangga. kali dia mikir, nih penumpang takut kali ama gua krn dah tua masih nyupir. terus dia nyetir ngebut2an dikit. pakai zig zag nyalibin mobil di depannya. kali buat gertakin gua. "nih, biar tua, tapi tetap jagon." terus ada lagi gua baca, banyak orang tua, dah 70-an sampai 80-an tahun masih ikutan lomba marathon yg sekian puluh km itu. hebat yah !

    ReplyDelete