Friday, May 04, 2007

Mau Cari Kerja di Singapur??

Bebek beberapa kali dimintain tulung untuk nyariin kerja di sg,...aiyoooh,...kalo gitu bebek mesti diangkat jadi menteri tenaga kerja dung yah????
Eniwe, ini tips buat nyang mo job hunting di Singapur.
Inget yahhhh, jangan lupa ninggalin pesen di sini, apalagi kalo dah dapet,..kalo nggak nti dikutuk bebek!

Ada beberapa cara buat cari kerja di sini:

Pertama : Lanjutin Sekolah di sg
Bagi yang baru lulus S1 atau SMU, ini cara yang tepat. Terutama buat nyang kantong ortunya tebel.Ckakakakak,...tapi buat nyang pas-pasan,...berat juga sih yahhh. Tapi jangan putus asa,...di sini banyak sekolah/uni nyang ngasih beasiswa buat nyang berprestasi....Ciayo! Coba deh cari info scholarship utk sekolah di sg, mis di www.nus.edu.sg; www.ntu.edu.sg; de el el.

Pemerintah sg punya kebijakan buat mereka yang baru lulus dari uni/poly di Singapur akan di beri kesempatan untuk mencari job di sg dalam waktu setahun. Once they get a job, maka mereka akan langsung mendapat Permanent Resident (PR).

Kedua : Tinggal di Singapur Beberapa Saat, dan Lamar Kerjaan.
Umumnya prosedur recruitment di sg butuh respond cepat dari applicant. Misal: company A tertarik dengan candidate B, maka mereka akan langsung menelpon si candidate dan membuat appointment untuk interview. Nah, biasanya itu telp hari ini untuk interview besok. Ini kan sulit kalo si candidate ga ada di sg tuh.

Ketiga : Pake Agent aka Consultant
Agent akan mencarikan perkerjaan di sg, dan tentu saja si agent akan men-charge harga yang lumayan. Bisa aja dipotong dari gaji, jadi bulan-bulan pertama mesti ngencengin ikat pinggang tuh *_*

Untuk point Kedua dan Ketiga :
Foreigner yang kerja di Singapur akan dapet Employment Pass (EP). Syarat untuk mendapatkan EP adalah Professionals (maksudnya mereka yang
sudah punya pengalaman kerja dan degree), mempunyai skill dan minimum salary 2500 SGD.

Keempat : Apply LPR
LPR adalah Landed Permanent Resident. LPR application biasanya membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk mengetahui LPR si applicant di approve ato tidak. Kalau LPR diapprove, pemerintah sg kasih waktu 6 bulan untuk cari kerja di Singapur, dan begitu LPR dapet full time job di sg ajahhh, dia...bisa langsung dapet SPR aka Singapore Permanent Resident.

Yah, gitu deh kira-kira cara-cara nyang bebek tau,....kalau mo nanya-nanya,...yo monggo,...tinggalin pesen ajah yahhhh

2 comments:

  1. acia sengaja kubek2 blog cie Lita demi baca artikel ini hehehe....

    Cie Lita....I'm coming *lagaknya*

    ReplyDelete
  2. selamat dateng, acia....

    ReplyDelete