Tuesday, October 24, 2006

"Lebaran"

Lebaran...., hari yang paling di tunggu-tunggu oleh kaum muslim. Setelah satu bulan berpuasa, mereka mengakhirinya dengan suatu perayaan besar “Idul Fitri”. Pada hari ini mereka saling meminta maaf antara satu dan yang lainnya. Tidak cuma dengan anggota keluarga masing-masing, tetapi juga dengan semua orang yang berada atau tinggal di sekitarnya. Di Indonesia “dulu” ada tradisi saling bertukar makanan, keluarga yang satu memberikan sebagian makanan yang dia masak ke keluarga lain dan begitu juga sebaliknya. Tetapi belakangan ini tradisi seperti itu cuma ada di desa-desa saja, “orang Kota” nampaknya tidak terlalu perduli dengan tradisi ini. Sayang, padahal itu sebuah tradisi yang baik “saling berbagi”.

Tadi aku, Lita, Mami dan Bibiku, pergi kerumah salah seorang teman kantorku. Dia adalah teman paling dekatku selama aku berada di Singapura. Datang berkunjung kerumahnya saat “Hari Raya” merupakan kebiasaan yang aku lakukan setiap tahun. Seperti biasa, ibunya masak macam-macam makanan dan kue-kue untuk kita makan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarganya, mulai dari ketupat, rendang, ayam masak merah, serundeng, kue tart nenas …. Pokoknya macem-macem deh…… sampai kita tuh bingung mau makan yang mana …he…he…he… Nih aku kasih lihat gambarnya, tapi jangan pada “ngiler” yah …..he…..he….he….

Kue-kue

Sambal Goreng Udang

Rendang Daging

Ketupat Sayur

Ayam Masak Santan

Selamat Hari Raya yah "Teman" ................

3 comments:

  1. hih, jadi kepengen, ketupat ketupat....manula dah.... makanan anu langka :)

    ReplyDelete
  2. Disana kan banyak pohon kelapa, masa sih nggak ada yang jualan ketupat ????

    ReplyDelete
  3. Kalo makanan daku nomor 1, Ta ... Jangan kau bayangkan daku masih kurus seperti kita ketemu terakhir kali (your wedding's day).
    -IR-

    ReplyDelete