Wednesday, February 14, 2007

Valentine's Day


Hari ini adalah hari “kasih sayang” atau orang barat bilang “valentine’s day”. Menurut salah satu website yang aku baca, Valentine’s Day atau St. Valentine’ Day dirayakan setiap tanggal 14 February setiap tahunnya. Ini adalah hari di mana orang mengungkapkan perasaannya kepada seseorang atau semua orang dengan cara mengirim kartu ucapan, bunga atau coklat dengan kata-kata cinta. Menurut catatan, setiap perulangan 4 tahun dimana bulan February berjumlah 29 hari, wanita boleh mengajukan permintaan untuk dinikahi oleh pasangannya.

Nama Valentine’s berasal dari nama seorang “saint” yang sangat terkenal, tetapi banyak cerita yang menggambarkan siapa dia yang sebenarnya. Cerita yang paling popular menyatakan bahwa St. Valentine adalah seorang pendeta dari Roma dari abad ke tiga. Saat itu Kaisar Claudius II melarang pernikahan karena dia berpikir laki-laki yang menikah tidak baik untuk dijadikan tentara. Valentine berpendapat ini tidak “adil”, dia melanggar aturan tersebut dengan menikahkan beberapa pasangan secara diam-diam. Ketika Kaisar Claudius mengetahuinya, Valentine pun dijatuhi hukuman mati sambil menunggu hari penghukuman Valentine dijebloskan ke penjara. Di sana dia jatuh cinta dengan seorang perempuan buta anak penjaga penjara. Karena kasihnya dan kepercayaannya kepada Tuhan, Valentine menyembuhkan mata perempuan tersebut dan pada tanggal 14 February dia dihukum mati. Sebelum dihukum mati, dia menulis surat cinta untuk kekasihnya. Pada akhir suratnya dia menulis “From Your Valentine”.

Surat Valentine pertama ( selain yang ditulis oleh St. Valentine) adalah sebuah puisi yang ditulis oleh Charles, Duke of Orleans kepada istrinya pada tahun 1415. Dia ditangkap pada perang Agincourt dan dipenjara didalam Tower of London sambil menunggu hukuman mati. Tetapi Valentine’s Day belum popular di Inggris sampai pada abad ke 17. Mulai abad ke 18 menulis surat untuk mengungkapkan perasaan mulai dijadikan kebiasaan oleh masyarakat Inggris.

Orang-orang roma memiliki suatu perayaan yang disebut “Lupercalia” yang dirayakan pada pertengahan bulan February. Ini merupakan perayaan untuk menyambut datangnya musim panas. Pada perayaan tersebut kaum laki-laki akan mengambil sebuah kertas yang bertuliskan nama seorang perempuan dari dalam kotak. Lalu “pasangan” ini harus berpura-pura menjadi pasangan kekasih sampai perayaan itu selesai. Kadang-kadang ada yang keterusan sampai menikah. Gereja Kristen di sana ingin menjadikan perayaan ini sebagai salah satu perayaan Gereja yang ditujukan untuk mengingat tentang kematian St. Valentine juga.

Di Inggris, banyak uang dibelanjakan pada hari yang orang bilang paling romantis selama setahun. 22 juta Poundsterling dipakai untuk membeli bunga, 7 juta mawar merah dikirim ke orang-orang yang mereka cintai, dan 12 juta kartu ucapan dikirim melalui post office. Tetapi pada tahun 2001 tercatat bahwa “text messaging” atau SMS yang dikirim pada hari Valentine’s ada sekitar 30 juta…..cckk….cckkk….ccckkk…… Bayangin Cuma untuk Valentine’s doang orang rela keluar duit sampe begitu banyak, padahal kalau udah lewat yah udah. Buat aku mendingan uangnya disumbangin ke Panti Asuhan aja, tapi ngasihnya pas hari Valentine gitu…he…he….he…….. Happy Valentine’s Day….

No comments:

Post a Comment