Monday, November 13, 2006

Senin, 13 November 2006

Hari ini laboratoriumku di “audit” lagi, auditornya adalah dari SAC-SINGLAS (Singapore Accreditation Council-Singapore Laboratory Accreditation Scheme). Ini adalah audit rutin yang di laksanakan setahun sekali, auditornya di ambil dari berbagai kalangan yang terkait dengan aktifitas laoratorium testing di Singapura. Rata-rata mereka adalah staff senior di masing-masing bidangnya, dengan kata lain mereka tuh tahu benar apa yang mereka kerjakan, jadi kita nggak bisa “main-main” dong………. Badan audit ini di bentuk oleh pemerintah Singapura untuk menjaga kualitas, kebenaran dalam pembuatan laporan (tidak ada penipuan) dan mempertahankan quality system yang sudah ada, bahkan memberikan masukkan kepada semua laboratotium yang di audit tentang cara yang baik dan benar menjalankan bisnis ini. Semua testing yang di lakukan di laboratorium harus mengikuti Standard Method International, agar hasil analisanya (sertificate of analysis) dapat di pertanggung jawabkan di mana saja “certficate” itu di pakai. Peraturan di sini tuh “ketat” banget, jadi nggak bisa sembarangan. Kalau auditornya memutuskan hasilnya nggak bagus, ijin usaha bisa langsung di “cabut” atau di “bekukan” sementara. Yang ini nggak bisa di tawar dengan "sogokan" uang, itu bedanya Singapura dengan tempat lain.

Hari ini “perasaanku” rasanya kok nggak enak banget, udah telepon abangku di Jakarta dia bilang semuanya baik-baik saja. Mamiku dan Minah di rumah juga baik-baik saja, dan puji Tuhan Lita juga “ok”. Aku pesen sama mereka semua untuk hati-hati, soalnya kalau perasaanku kaya gini, biasanya tuh ada aja kejadian yang nggak enak. Mudah-mudahan sih nggak ada apa-apa deh ……………

Pulang kerja nanti, rencananya mau lihat “lokasi” untuk “warung” kita di daerah Bukit Timah, temenku yang mau jadi “investor” juga mau ikutan. Bingung juga cari lokasi yang bagus, soalnya lokasi itu menentukan masa depan usaha kita (kata orang-orang sih). Tetapi ada masalah yang lain juga, lokasi bagus biasanya harganya juga “bagus” (mahal). Buat aku, kalau makanan yang kita jual “rasa”nya enak, orang tuh pasti akan datang juga, lagian Singapura kan nggak gede-gede banget yah …..he…he….he….

No comments:

Post a Comment