Sunday, January 07, 2007

Badai Matahari Ancam Stasiun Antariksa

Tanggal 13 Desember 2006, satelit SOHO (Solar and Heliospheric Observatory) merekam terjadinya lidah api raksasa yang menyebabkan terjadinya badai matahari yang memancarkan radiasi partikel-partikel bermuatan listrik berkekuatan besar yang bisa mencapai bumi
Badai matahari telah mengganggu beberapa satelit yang mengorbit bumi dan mengancam para astronot yang sedang berada di stasiun antariksa internasional (ISS).
Selain itu, radiasi ion yang sangat besar mengganggu sinyal antariksa, bahkan bisa merusak rangkaian elektronika di satelit dan juga merusak perangkat-perangkat telekomunikasi di darat seperti telepon, radio, dan system navigasi.
Pada tanggal 14 Desember 2006, harian China People melaporkan terjadinya gangguan komunikasi radio di sebagian besar wilayah Cina.
Untuk menghadapi kemungkinan dampak terburuk badai matahari, NASA melakukan beberapa langkah penyelamatan. Pusat pengendali di bumi mmerintahkan para astronot di ISS untuk tidur di ruangan khusus yang terlindung dari radiasi. “Spacewalk” juga dipastikan tidak langsung menghadap matahari untuk mencegah radiasi langsung ke tubuh astronot.

No comments:

Post a Comment