Tuesday, January 09, 2007

Selasa, 09 Januari 2007

Kemaren malem pulang kerja, aku pergi liat toko yang mau disewain. Tempatnya sih nggak jauh dari rumah, sekitar 10 menit deh kalau naik bus. Berdua sama temenku naik taksi dari Jurong East (biar cepet sampe), temenku ini yang mau kerjasama untuk ngejalanin usaha katering dan jualan makanan (buka warung). Terus terang kalau sendirian aku masih belum sanggup untuk buka usaha kaya begini, jadi mesti cari “partner” gitu biar agak ringan sedikit. Aku kenal dia udah dari hari pertama aku kerja di Singapura. Dia tuh yang ngajak aku jalan-jalan keliling, sering juga dulu aku dateng kerumahnya kalau weekend. Bapak, ibu dan semua keluarganya sudah aku kenal baik, pokoknya udah kaya keluarga sendiri deh. Apalagi ibunya, dia tuh seneng banget kalau aku main kesana, soalnya dari seluruh keluarga, nggak ada yang suka makan sambel (makan yang pedes-pedes). Sebagian besar dari mereka tuh kaya “alergi”, kalau makan yang pedes-pedes pada gatel, buang-buang air atau keringatnya keluar nggak berhenti kaya orang habis lari. Kalau aku dateng pasti dia bikin sambel trus kita makan deh berdua waktu makan siang sambil ngobrol-ngobrol.

Ternyata harga sewa toko di sini tuh memang “mahal” banget, toko yang mau disewain itu dihargain 6000 dollar sebulan. Padahal tempatnya nggak terlalu bagus dan nggak besar juga. Bayangin 30 juta cuma untuk sewa tempat sebulan, belum lagi biaya renovasinya dan katanya di sini tuh mesti minta ijin dulu sama pemerintah sebelum buka tempat makan (restoran). Mesti bayar juga untuk dapetin surat ijinnya, tapi nggak tahu sih berapa banyak. Denger-denger sih tergantung sama tempatnya juga, mulai dari ratus sampai ribu dollar. Waahhhh bener-bener susah yah mau buka usaha di sini, Lita pernah bilang kalau di Indonesia gampang aja, nggak pake ijin-ijin segala dan harganya juga nggak semahal di sini. Peraturan memang kadang nggak enak rasanya, tapi kalau nggak ada peraturan juga bisa sembarangan jadinya. Kalau udah begini kita juga yang susah, kaya di Jakarta aja, jalanan jadi macet karena pinggirannya dipakai untuk jualan. Kalau udah begini susah untuk dibersihinnya, pasti banyak yang protes. Yah doain aja deh, kalau emang Tuhan kasih jalan pasti ada jalannya kan ….. betul nggak ….????

No comments:

Post a Comment