Monday, December 11, 2006

"Pulang Kampung"

Hari ini aku mau ke rumahku di Citayam, mau ngambil barang titipan mamiku. Citayam tuh deket sama Depok, udah masuk Bogor bukan Jakarta lagi, jadi bisa di bilang kampung deh soalnya lumayan jauh dari kota. Dari rumahnya Lita kira-kira 2 jam deh kalau nggak macet (lewat Tol Bogor keluar di Sentul). Kita ajakin papihnya Lita untuk ikut, eh dia mau jadi deh kita bertiga berangkat ke sana. Hampir jam setengah sepuluh kita di jemput sama sopir, langsung berangkat lewat Tol dalem kota trus nyambung ke Tol Bogor. Puji Tuhan nggak macet, sampai di rumahku sekitar jam sebelas lebih. Kangen juga sama rumah dan suasana di sana, tahu sendiri kalau di kampung tuh masih sepi dan udaranya juga masih bersih nggak kaya di Jakarta yang banyak polusinya.

Di rumah udah di masakin sayur asem, ikan asin, ayam dan tempe goreng, juga ada lalap dan sambel terasi wahhhh…..enak banget deh rasanya. Kita makan siang rame-rame, trus duduk-duduk di depan rumahku sambil ngobrol, makan rambutan dan minum teh. Segala macem yang di obrolin, papihnya Lita cerita tentang jaman belanda dulu dan pak sopir juga ceritain pengalaman hidup dia waktu dulu seru deh jadinya, aku sih cuma jadi pendengar yang baik saja…he…he…he…. Pas cerita masalah mancing, baru deh aku ikutan soalnya buat yang satu ini aku lumayan banyak pengalaman…hik…hik…hik….

Cape ngobrol, papihnya Lita sama pak sopir jalan-jalan keliling kampung katanya mau lihat-lihat. Balik kerumah mereka cerita ngeliat pohon mangga yang buahnya gede-gede, pohon nangka yang dari bawah sampai atas buah semua isinya, pohon rambutan yang buahnya banyak banget (emang lagi musim rambutan), pokoknya macem-macem deh. Sampe di rumah mereka ceritain semuanya dengan bersemangat, soalnya jarang banget yang kaya gini kelihatan sama mata mereka di kota. Kadang aku merasa bersyukur juga bisa tinggal di desa kaya sekarang, cuma masalahnya kalau mau kemana-mana jauuuuuhhh banget ……….

Pulang dari rumahku kita mampir di setopan Sentul, mau makan “tahu gejrot”. Ini makanan khas dari Cirebon, di sebelahnya ada yang jualan “teh Poci” juga. Makan tahu gejrot sambil minum teh Poci emang enak bener, apalagi suasana di tempat itu nyaman namanya juga di luar kota jadi masih banyak burung yang pada “nangkring” sambil cuit-cuit di atas pohon. Sebelum pulang kita bungkusin juga tahu gejrotnya buat Jhony dan Meisy istrinya (penganten baru). Di jalan Tol hujan lebat banget, padahal kita udah janjian sama Ii nya Lita mau ajak Samuel jalan-jalan ke Taman Anggrek.


Jam 5 lebih kita di ajak makan “sate” sama Ii nya Lita, Samuel juga di bawa. Rencananya habis makan kita mau ajak di ke Taman Anggrek untuk maen. Susu dan peralatan “perang” Samuel lupa di bawa, akhirnya di putusin untuk pulang aja, lagian Samuelnya juga tidur mungkin kecapean kali. Waktu perjalanan ketempat makan sate, aku ngliat mobil kecil banget. Aku bingung, trus nanya itu mobil apaan sih ?????? Ternyata itu gantinya “Bajaj” di Jakarta namanya “kancil”, mungkin karena kecil mangkanya di panggil kancil.

1 comment:

  1. haduh haduuuh, sayur asem, ikan asin, tempe goreng, sambel trasi tuh dah jadi makanan luxury deh, susah dapetnya, udah nggak inget lg kapan terakhir makan sambel tersi... hiksss :(

    ReplyDelete