Wednesday, September 27, 2006

"Moon Cake Festival"

Bulan Agustus dan September, orang Chinese di seluruh dunia merayakan pesta makan kue bulan (kata orang Indonesia). Ada juga yang menamakannya Chinese Mid Autumn Festival atau Moon Cake Festival. Di Singapura perayaan ini disambut cukup meriah, buktinya sekarang banyak sekali di jual Moon Cake dengan berbagai macam rasa. Aku denger dari teman, ada juga yang luarnya tuh es krim, jadi kue ini harus di taruh di kulkas sebelum di makan. Setiap hari kalau aku baca koran atau nonton televisi, banyak sekali iklan tentang kue bulan ini. Dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal banget, denger dari temen ada yang harganya sampai ratusan dollar satu biji. Yang jadi kepikiran, emangnya ada orang yang mau ngeluarin uang ratusan dollar cuma untuk 1 kue bulan ……. ???????

Dari informasi yang aku dapet, ada beberapa cerita yang berkaitan dengan legenda Chinese Moon Cake Festival :
1. The Lady ---- Chang Er
Legenda ini ada sekitar 2170 B.C. Katanya waktu itu bumi kita ini punya 10 matahari yang berputar mengelilinginya, masing-masing matahari itu bergantian menyinari bumi ini. Pada suatu hari ke sepuluh matahari itu muncul sama-sama, semuanya memancarkan sinarnya bersama-sama. Bumi di selamatkan oleh seorang pemanah yang kejam bernama Hou Yi. Dia berhasil memanah 9 matahari. Suatu hari Hou Yi mencuri air kehidupan dari dewi kahyangan. Tetapi istrinya yang cantik bernama Chang Er meminum air kehidupan itu untuk menyelamatkan rakyat dari suaminya yang kejam itu. Setelah minum air tersebut, dia merasakan tubuhnya ringan dan kemudian melayang ke bulan. Hou Yi marah sekali, tetapi karena terlalu mencintai istrinya Hou Yi tidak memanah bulan.
2. The Man --- Wu Kang
Ada seorang laki-laki yang bernama Wu Kang selalu ganti-ganti pekerjaan. Suatu hari dia memutuskan untuk hidup selamanya. Dia lalu pergi ke gunung untuk berguru, mula-mula gurunya mengajar tentang obat-obatan, tapi setelah tiga hari dia bosan dan minta gurunya untuk mengajar pengetahuan yang lain. Lalu dia di ajar bermain catur, setelah bebrapa lama semangat Wu Kang hilang lagi. Kemuadian gurunya memberikan sebuah buku untuk di pelajari, dia bosan lagi. Dia minta ijin kepada gurunya untuk pergi jauh, sang gurupun marah dan mengirim Wu Kang ke bulan dan kalau dia ingin pulang ke bumi harus menebang pohon. Walaupun Wu Kang mengerjakannya siang dan malam, pohon ajaib itu akan tumbuh lagi. Sampai sekarang Wu Kang di percayai masih di bulan menebang pohon.
3. The Hare --- Jade Rabbit
Dalam legenda ini, tiga peri menyamar menjadi tiga orang tua dan meminta-minta kepada serigala, monyet dan kelinci. Serigala dan monyet mempunyai makanan untuk di berikan kepada ke tiga orang tua itu. Sedangkan kelinci tidak punya apa-apa, dia menawarkan dirinya sendiri untuk di jadikan makanan. Dia lompat ke dalam api dan memanggang dirinya sendiri. Ketiga peri tersentuh dengan pengorbanan sang kelinci, mereka membiarkan kelinci tersebut tinggal di bulan dan menjadi “Jade Rabbit”.
4. The Cake --- Moon Cake
Pada jaman dinasti Yuan (1280-1368 AD), China di perintah oleh Monggolian. Orang-orang dari dinasti Sung tidak menyukainya dan merencanakan pemberontakan terselubung, pemimpin pemberontakan tahu bahwa “Festival Bulan” sudah dekat. Dia memerintahkan untuk membuat kue special yang di balik setiap kue adalah pesan tentang rencana pemberontakan. Pada malam “Festival Bulan” para pemberontak berhasil menyerang dan menguasai pemerintahan. Sampai hari ini “Kue Bulan” di makan untuk memperingati legenda ini.

No comments:

Post a Comment